Kamis, 12 Maret 2009

Nikmatilah Senja Nan Romantis di Candi Boko

Taman Wisata Keraton Ratu Boko terletak sekitar dua kilometer ke arah selatan dari Candi Prambanan, atau 18 kilometer arah timur dari kota Yogyakarta. Obyek wisata tersebut berada di sebuah bukit dengan ketinggian sekitar 195,97 meter di atas permukaan laut.
Keraton Ratu Boko merupakan sebuah situs kombinasi antara Budha dan Hindu, ini dapat dilihat dari bentuk-bentuk yang ada, yang biasanya terdapat pada candi Budha seperti stupa dan lempengan emas maupun perak. Kemudian adanya tiga candi kecil sebagai elemen dari agama Hindu, dimana terdapat Yoni, patung Dewi Durga dan Ganesha.
Manajemen PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (TWCBPRB) Yogyakarta menawarkan kepada wisatawan untuk menikmati keindahan dan suasana romantis senja di bukit situs Ratu Boko di wilayah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melalui paket wisata Boko Sunset. Paket wisata yang tergolong baru ini diharapkan menjadi salah satu unggulan yang terus dipromosikan agar dikenal masyarakat luas.
Paket wisata ini menawarkan kepada wisatawan panorama alam yang indah dan mempesona saat senja hari ketika matahari mulai tenggelam di ufuk barat, yang dinikmati dari bukit Situs Ratu Boko. Suasana romantis itu dipadu dengan hamparan sawah yang terlihat di bawah bukit.di sisi utara, tampak Gunung Merapi yang melatarbelakangi sebuah peninggalan zaman lampau yang dikenal sebagai salah satu warisan budaya dunia yaitu Candi Prambanan.
Paket wisata yang dimulai pukul 16.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB ini, sekarang sudah mulai diminati wisatawan, khususnya dari mancanegara yang secara khusus datang hanya untuk melihat tenggelamnya matahari di ufuk barat.

Harga paket wisata ’Boko Sunset’ Rp 75.000 per orang untuk wisatawan mancanegara, dan Rp 35.000 per orang untuk wisatawan nusantara dengan fasilitas berupa suguhan makanan ringan serta secangkir kopi atau teh saat menyaksikan matahari tenggelam, dan makan malam dengan menu tradisional. Setelah menyaksikan matahari tengelam dari situs Ratu Boko, pada malam harinya wisatawan bisa melanjutkan menonton pertunjukan Sendratari Ramayana di panggung terbuka Candi Prambanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar